The Beatles (1957 – 1962)


Formasi awal The Beatles

Song : The Beatles – My Bonnie

My Bonnie lies over the ocean,
my Bonnie lies over the sea.
Well my Bonnie lies over the ocean.
Yeah bring back my Bonnie to me.

Yeah bring back, ah bring back,
oh bring back my Bonnie to me to me.
Oh bring back, oh bring back,
oh bring back my Bonnie to me.

Well my Bonnie lies over the ocean,
my Bonnie lies over the sea.
Yeah my Bonnie lies over the ocean.
Oh I said bring back my Bonnie to me.

The Beatles, siapa sih yang ga kenal group band asal inggris ini. Group band yang ada pada tahun 60-an ini memang fenomenal, bahkan penggemarnya hingga lintas generasi, termasuk saya yg notabene lahir tahun 1983. Saya sendiri tidak merasakan hingar bingar, teriakan” fans dari seluruh dunia memanggil Paul McCartney, John W. Lennon, George Harrison, atau Ringo Star. Para fans The Beatles disebut juga Beatlemania.

Pada tahun 1957, sebelum terbentuk The Beatles, John, Paul dan George tergabung dalam group band The Quarrymen yg bergenre musik skiffle. Lalu pada perjalanan nya masuk lah Stuart Sutcliffe sebagai pemain bass. Dan terakhir masuk lah Pete Best sebagai pemain drum.

Pada awalnya terjadi beberapa kali perubahan pada nama yaitu The Beetles, The Beatlas, Long John and The Beetles, The Silver Beatles dan pada akhirnya group band ini mantap dengan nama The Beatles.

Dengan lima orang personil, The Beatles berangkat ke German (Hamburg) untuk bermain musik disana, yg pada saat itu di kota Hamburg tidak ada club musik rock n’ roll, kebanyakan yg ada adalah strip club. Di Hamburg The Beatles manggung di beberapa club, Indra Club, Kaiserkeller dan Top Ten Club. Dan akhirnya para personil The Beatles di deportasi dari Jerman. Hanya Stuart Sutcliffe yg tidak kembali ke Inggris, karena dia menjalin hubungan dengan seorang fotografer Jerman, Astrid Kirchherr. Dan akhirnya keluar dari The Beatles lalu melanjutkan studi nya memperdalam art. Dengan kepergian Stuart, maka Paul menjadi pemain bass di The Beatles.

Rekaman singles pertama The Beatles dilakukan di Jerman yang di produseri oleh Bert Kaempfert, yang berjudul My Bonnie. Disini The Beatles mengiringi Tony Sheridan. Ada yg berpendapat bahwa rekaman ini sangat penting dalam sejarah music, karena lagu My Bonnie lah yg menarik perhatian Brian Epstein pemilik toko music dan kolumnis musik, yang pada akhirnya Brian menjadi manajer The Beatles. Brian menawarkan The Beatles ke perusahaan rekaman Decca Records namun di tolak dengan alasan, bahwa group gitar telah ketinggalan jaman. Namun pada akhirnya The Beatles, menjalin kerja sama dengan EMI Parlophone dengan produser Goerge Martin.

Dibawah bendera EMI Parlophone, The Beatles melakukan rekaman pertama mereka di Abbey Road Studios pada Juni 1962. Hanya saja Martin tidak menyukai permainan drum Pete Best yg kurang bergairah, maka Pete Best digantikan oleh Ringo Starr. Singles yg direkam pada saat itu adalah Love Me Do, P.S. I Love You dan Please Please Me. Singels Love Me Do sendiri meraih posisi 17 di Top Twenty UK Hit.

Bersambung… ^_^

About these ads

3 pemikiran pada “The Beatles (1957 – 1962)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s