Munggahan


Munggahan? mungkin ada yang masih asing dengan istilah munggahan ini, dikutip dari Republika munggahan adalah tradisi untuk menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah, disebut mungahan karena mereka menganggap orang yang berpuasa itu munggah atau meningkat perasaannya. Dalam bahasa Sunda, munggahan adalah acara makan bersama yang diselenggarakan setiap kali menjelang bulan puasa oleh suatu keluarga dengan mengundang tetangga di sekitar dengan menghadirkan ustadz untuk memimpin doa dan memberikan ceramah seputar Ramadhan. Tapi sebenernya acara intinya adalah makan-makan dan ngumpul-ngumpul.

Saya sendiri selama ini selalu munggahan di rumah bersaman keluarga. Munggahan kmaren saya jalan ama temen2 yang udah lama ga ketemu sekalian silaturahmi, pulang ke rumah jam setengah 3an, jam setengah 4 baru sahur bareng keluarga.

Gimana klo anda, kmaren munggahan dimana ama siapa..???

27 pemikiran pada “Munggahan

  1. di tempat (pantura timur jateng) saya tradisinya hampir sama, namanya MEGENGAN. Melakukan shodakohan, makan-makan dengan mengundang tetangga setelah terlebih dalu dibacakan doa-doa. Juga dengan mengirim makanan kepada sanak saudara.

  2. haddiirr…
    sore sore gini ngunjungin sahabat… sapa tau ada bekal buat buka nanti…..

    hehehhe…, aku kenal munggahan setelah di purwakarta, en memang slalu ada yang ngundang tuh, kalo urusan makanannya seh, manteppp…! btw, nyang penting niatannya munggahan ok
    cu…

  3. Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya tempat aku tinggal, acara menyambut Ramadhan…biasa disebut dgn MEGENGAN. Kalo gak salah, maksudnya MEGENG= Menahan. Yaa..menahan lapar dan haus, serta segala sesuatu yg bakal membatalkan puasa. Biasanya ditandai dgn bikin kue apem dll, trus dibawa ke masjid ato mushola. Setelah didoain, baru dibagi2 utk dimakan bersama2.

    Oh yaa…makasih udah mampir ke tempatku…
    Salam hangat dan damai selalu…

  4. wah…munggahan ga kemana2, ga masak apa2, miskin pak, tanggal tua.hohoh
    btw, marhaban ya ramadhan mohon maap bila ada kesalahan ye…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s