Noahpad Calon Pesaing Asus Eee


Noahpad, perusahaan utama di Taiwan yang bergerak di bidang perangkat elektrik mobil, baru – baru ini membuat gebrakan baru di bidang Ultra Mobile PC (UMPC). alias komputer mini besutannya ini merupakan hasil riset dan pengembangan hampir 2.5 tahun. Produk ini recananya akan ditawarkan dengan harga yang tidak beda jauh dengan Eee PC besutannya Asus. Tidak seperti Eee PC, fokus utama pengguna Noahpad adalah para pengguna komputer pemula. Sehingga dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan oleh siapapun. Noahpad menyebut UMPC ini sebagai komputer kedua, sekaligus pengganti komputer saku.

Dengan bentuknya yang unik, Noadpad dirancang agar dapat digunakan dalam berbagai situasi. Seperti dipakai sambil berjalan, berkendara, memasak bahkan berkebun. Berat dan Ukurannya tergolong mungil. Hanya 780 gram. 2/3 dari ukuran Eee PC, namun dengan keyboard yang lebih kompak, ramping dan revolusioner. Keyboardnya sendiri terbilang unik, karena terbagi menjadi dua bagian touchpad berukuran besar. Touchpad berukuran 7×7 cm ini berfungsi sama seperti keyboard full QWERTY biasa, namun berfungsi sekaligus sebagai mouse. Layar nya berukuran 7″, namun berkat teknologi virtual screen dapat diperlebar secara virtual hinggal 10″. Resolusi layarnya sendiri mencapai 1024X768. Layarnya dapat dilipat hinggal 360 derajat ke belakang. Saat posisinya dilipat kebelakang maka touch pad dibelakangnya secara otomatis akan terlihat semi-transparan dari layar. Dengan demikian si pengguna dapat seolah-olah melihat huruf mana yang dia tekan.

Untuk kapasitas harddisk sebesar 30 GB. Builtin WiFi, bluetooth, webcam, ethernet, mic, dan speaker. Processor dan chipsetnya menggunakan VIA Eden C7 1 GHz dengan konsumsi power kurang dari 7.5 Watt. Untuk memori, pilihan jatuh pada DDR2 512 MB.

Dengan keyboard model baru diharapkan pengguna dapat meningkatkan kecepatan dalam mengetik. Tidak seperti UMPC pada umumnya yang mengandalkan ibu jari dalam menginput data, pada Noadpad ibu jari diistirahatkan dan digantikan perannya oleh ke empat jari lainnya.

Produk dengan motto “Classmate , Roommate , Travelmate” ini rencananya akan resmi dijual ke pasaran pada awal Maret 2008 mendatang. Tidak seperti Eeepc yang menggunakan Linux Xandros, Noahpad rencananya akan menggunakan Linux Ubuntu 7.10 sebagai sistem operasi utamanya.

Sumber : majalah-linux

2 pemikiran pada “Noahpad Calon Pesaing Asus Eee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s